SUDAHKAH KITA BERSYUKUR HARI INI?
September 27, 2019 No Comments Info Terbaru Publishing PAPI

Alhamdulillahirabbil alamin. Bersyukur kepada Allah SWT karena do’a bersama dan santunan pekaan ini; kamis 26 september 2019, terlaksana dengan khidmat dan penuh keberkahan. Terima kasih untuk Ayah, Bunda dan Kakak-kakak donatur, yang selalu menyayangi dan mencintai putra putri binaan kami. Semoga Allah SWT membalas berkali lipat kebaikan dan keberkahan. Rasa syukur kami; pengurus, anak-anak binaan dan para relawan sungguh tak mampu tergambarkan dengan kata-kata.

Allah SWT berfirman: “…Berbuat baiklah kepada orangtua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki” (Q.S An-Nisa : 36)

Salam santunnnnn…. Ayah, Bunda dan Kakak-kakak

Mengasihi & menyantuni anak yatim merupakan salah satu bukti kecintaan dan ketaatan kita pada Allah SWT. Melalui menyantuni mereka, harta kita dibersihkan dan disucikan. Tak sedikit doa-doa kita yang dikabulkan Allah adalah karena doa-doa tulus yang dipanjatkan anak-anak yatim. Mereka pula yang akan menjadi salah satu penolong kita di hari penghisaban kelak, ketika pertanyaan tentang kemanakah dan untuk apa harta kita dipergunakan. Dan dengan menyantuni mereka yang akan menjadi tabungan pahala yang mengalir terus-menerus sebagai amal jariyah.

Santunan berupa Nasi box, Snack box dan santunan pendidikan

Ayah, Bunda dan Kakak-kakak donatur yang kami cintai, seperti biasa di dalam kegiatan do’a bersama dan santunan selalu ada tausiyah yang disampaikan. Dan kamis ini temanya adalah tentang syukur.

Apa itu syukur? Seperti yang dijabarkan Ibnul Qayyim, bersyukur atau syukur adalahSyukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah” (Madarijus Salikin, 2/244).

Dan ternyata syukur merupakan salah satu sifat dari sifat-sifat Allah yang husna Ayah, Bunda dan Kakak-kakak sekalian. Yaitu Allah pasti akan membalas setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh hamba-Nya, tanpa luput satu orang pun dan tanpa terlewat satu amalan pun. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Sesungguhnya Allah itu Ghafur dan Syakur” (QS. Asy-Syura: 23).

Seorang ahli tafsir, Imam Abu Jarir Ath-Thabari, menafsirkan ayat ini dengan riwayat dari Qatadah, “Ghafur artinya Allah Maha Pengampun terhadap dosa, dan Syakur artinya Maha Pembalas Kebaikan sehingga Allah lipat-gandakan ganjarannya” (Tafsir Ath Thabari, 21/531).

Dalam ayat yang lain, Allah Ta’ala berfirman,

وَاللَّهُ شَكُورٌ حَلِيمٌ

“Allah itu Syakur lagi Haliim” (QS. At-Taghabun: 17).

Ibnu Katsir menafsirkan Syakur dalam ayat ini, “Maksudnya adalah memberi membalas kebaikan yang sedikit dengan ganjaran yang banyak” (Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim, 8/141).

Sehingga bila kita mau  merenungi dan mengambil pelajaran dari keterangan-keterangan tersebut, tahulah kita bahwa Allah adalah Maha Pembalas Kebaikan, dari Rabb kepada Hamba-Nya. Dan tentu saja, akan lebih elok jika kita (seorang hamba) bersyukur kepada Rabb-Nya atas begitu banyak nikmat yang ia terima.

Lalu apa hubungannya dengan berbagi kebaikan seperti ilmu, harta, jasa dan lainnya dengan adik-adik yatim? Di sanalah salah satu pembuktian dari rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan semua itu kepada kita. Semakin besar pemberian dari NYA dan rasa cinta kita sebagai hambanya, maka semakin besar juga rasa kebaikan kita kepada sesama.

Calon-calon putra putri bangsa yang akan mengangkat kejayaan negeri ini. Aamiin

Semoga informasi dan sharing kebaikan yang kami hadirkan ini bisa bermanfaat dan memberikan kebaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan penyampaian, karena segala kekurangan adalah milik kami dan segala kebenaran adalah milik Allah SWT. Mari terus tanamkan dalam diri kita, apakah kita sudah bersyukur atau belum, agar langkah dan perjalanan kita mencintai NYA selalu dipenuhi kebaikan.

Jazakumullah khairan katsiran ayah bunda pecinta yatim atas kasih sayang & segala bantuan moriil maupun materiil yang tak henti untuk anak-anak binaan kami. Semoga Allah mengijabah doa2 & hajat terbaik yang dimunajatkan. Aamiin ya rabbal’alamiin

Salam santun penuh syukur dari kami adik2 yatim dan pengurus yayasan Pundi Amal Pelita Indonesia.

#Syukur #Bersyukur #DoaBersama #SantunanYatim #YayasanPAPI #MariBerbagiKebaikan

Tags
Info Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *