Logo Yayasan PAPI, Peduli Yatim dan Dhuafa

Sedekah Jum’at Berkah: Berbuah Surga dalam Keikhlasan

Hari Jum’at merupakan hari yang istimewa bagi umat islam. Hari ini dianggap sebagai salah satu hari yang penuh berkah dalam Islam. Selain kewajiban shalat Jum’at, ada satu amalan yang sangat dianjurkan pada hari ini, yaitu sedekah. Sedekah pada Jum’at Berkah adalah perbuatan baik yang diyakini membawa banyak berkah, dan bahkan dijanjikan surga bagi mereka yang melakukannya dengan ikhlas.

Pentingnya memberikan sedekah pada Jum’at Berkah tercermin dalam hadist-hadist yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu hadist yang terkenal adalah:

“Sesungguhnya hari Jum’at ada waktu yang di dalamnya seorang hamba tidak akan berdoa kepada Allah SWT melainkan Allah akan memberikan apa yang dimintanya. Setiap Jum’at yang berlalu, Allah SWT mengutus malaikat yang berdiri di pintu masjid. Malaikat itu menggulung kertas dan pena serta mencatat nama-nama orang yang datang. Setiap orang yang datang akan mendapatkan pahala seperti memberikan sebongkah unta. Kemudian malaikat itu kembali ke surga dan mereka membicarakan perihal hamba yang datang tadi, lalu Allah SWT menjadikan mereka yang datang sebagai bukti kepada malaikat bahwa Dia telah mengampuni mereka.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadist ini, kita dapat memahami bahwa Jum’at adalah waktu yang sangat istimewa dan bahwa amalan baik, seperti memberikan sedekah, akan mendatangkan banyak kebaikan dan pahala.

Salah satu unsur penting dalam memberikan sedekah pada Jum’at Berkah adalah keikhlasan. Allah SWT mencintai mereka yang memberikan sedekah dengan tulus ikhlas, tanpa mengharapkan pujian atau balasan dari manusia. Keikhlasan dalam sedekah adalah kunci utama untuk meraih berkah yang besar.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran (QS Al-Baqarah, 2:261):

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang tumbuh tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Demikianlah Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dengan memberikan sedekah pada Jum’at Berkah secara ikhlas, kita mengikuti contoh kebaikan Nabi Muhammad SAW dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setiap sedekah yang kita berikan, meskipun mungkin sepele, memiliki potensi untuk membawa berkah besar dalam kehidupan kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *